Nataru, Ratusan Petugas di Divre IV Tanjung Karang Siap Amankan Perjalanan Pengguna Kereta Api
Pemeriksaan pasukan. (ist) |
Tanjungkarang, Tanahairkita-PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre IV Tanjungkarang menyiapkan 249 petugas pengamanan dari unsur internal dan eksternal perusahaan untuk pengamanan bagi pengguna jasa kereta api di masa Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Angkutan Nataru sendiri berlangsung selama 18 hari dari dari 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.
"249 petugas pengamanan itu terdiri 39 personel Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), 199 personel Security, dan 11 personel tambahan dari TNI/Polri," kata Kabag Humas Divre IV Tanjungkarang, Jaka Jarkasih.
Ratusan petugas pengamanan tersebut lanjutnya, akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, serta melaksanakan patroli mobile sepanjang lintas jalur KA yang rawan tindakan kejahatan. Mereka juga bertugas menegakkan protokol kesehatan bagi seluruh pelanggan di stasiun dan selama perjalanan.
Selain petugas tersebut, Divre KAI IV Tanjungkarang juga telah menyiapkan 93 petugas pemeriksa jalur, 28 petugas penjaga pintu perlintasan dan ditambah 42 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, dan 12 petugas daerah rawan. "Total 175 petugas disiagakan di sepanjang lintas wilayah Divre IV Tanjungkarang untuk memantau apabila terjadi rintang jalan atau peristiwa luar biasa hebat (PLH) yang bisa menghambat perjalanan KA," terangnya.
Jaka juga menegaskan, seluruh jajaran Divre IV Tanjungkarang mulai dari staf hingga top management siap bertugas di posko Angkutan Nataru guna memastikan operasional kereta, pelayanan, dan penerapan protokol kesehatan di stasiun dan selama dalam perjalanan berjalan baik," tegas Jaka.
Divre IV Tanjungkarang juga telah menyiapkan segala sumber daya untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan KAI Divre IV Tanjungkarang mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.
Untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP. Para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. KAI Divre IV Tanjungkarang konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di "peak season" seperti Angkutan Nataru. (R)
Komentar
Posting Komentar